Buku Rekomendasi Klub Buku & Film SCTV

indonesia1INDONESIA DIKHIANATI

Penulis: Elizabeth Fuller Collins

Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama

Tahun : 2008.

Tebal: xxiv + 350 halaman.

Ada banyak buku ditulis tentang Indonesia sejak Soeharto lengser dari jabatannya sebagai presiden pada 1998. Peristiwa itu oleh banyak penulis, terutama mereka yang berangkat dari disiplin ilmu politik, disebut sebagai titik awal masuknya Indonesia ke era transisi menuju demokrasi. Sekadar menyebut beberapa nama, Arief Budiman, Barbara Hatley, Damiel Kingsbury, Ed Aspinal, Greg Fealy, Ricahrd Robison, dan Vedi R Hadiz adalah di antaranya. Masa sebelum era itu, terutama ketika gerakan oposisi dari kekuatan sipil mengorganisasi diri, juga banyak ditulis.

Buku yang ditulis Elizabeth Fuller Collins, staf pengajar di Department of Clasics and World Religions dan Southeast Asian Studies di Ohio University, ini tidak sekadar melengkapi buku yang sudah ada. Lebih dari itu, Collins melihat era transisi itu dari sisi lain. Yakni, Indonesia ternyata makin terperosok ke dalam cengkeraman kapitalisme global. Secara politik Indonesia memang kian demokratis, tapi secara ekonomi Indonesia tidak lebih baik. Ketidak-adilan yang ditandai dengan kemiskinan dan ketimpangan pendapatan makin menjadi-jadi lantaran masuknya Indonesia ke dalam permainan ekonomi global.

Elite yang berkuasa di Indonesia dengan senang hati menerapkan apa yang menjadi keinginan para kapitalis global. Perdagangan bebas membuat masuknya investasi asing yang tidak terkontrol dan para petani banyak kehilangan tanah. Buku ini layak dibaca jika kita ingin melihat secara lengkap Indonesia di era transisi menuju demokrasi. Tinjauan ekonomi-politik yang dipakai Collins membuat lebih terang problem inti yang kini menghinggapi Indonesia dan apa langkah yang seharusnya diambil para elite politik dan kekuasaan jika Indonesia ingin muncul sebagai negara yang diperhitungkan di dunia. (Iskandar Siahaan)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: