Buku Rekomendasi Klub Buku & Film SCTV

cina

Anti Cina, Kapitalisme Cina dan Gerakan Cina

Penerbit: Komunitas Bambu

Penuis : Onghokam

Tahun 2008

200 halaman

Persentuhan dengan para Cokin, sebutan bagi orang Cina di Medan atau juga tempat lainnya, membuat saya ingin membaca buku ini. Saya ingin tahu sejarah orang Cina di Indonesia, dan Medan tentunya. Sebabnya, saya menemukan perbedaan besar antara Cina Medan, Cina Jawa dan Cina Kalimantan. Ketika saya tinggal di Jawa, saya bertemu Cina yang fasih berbahasa Jawa, lengkap dengan medoknya. Di Kalimantan, orang Cina-nya mirip Cokin Medan. Wajah dan gaya berpakaian, juga potongan rambut dengan poni lurus menancap. Berada di angkutan kota atau pertokoan Kalimantan, tak ubahnya seperti di pecinan Medan.

Buku Onghokam, kumpulan tulisan sejak tahun 1933 sampai 2007, menjawab perbedaan itu. Orang Cina migrasi ke Pulau Jawa secara perorangan atau kelompok kecil. Interaksi dengan masyarakat setempat membuat mereka kehilangan bahasa ibunya, setelah dua generasi.

Di Sumatera dan Kalimantan, mereka datang berkelompok. Integrasi ke penduduk sangat kecil. Mereka berjuang dalam kelompok, yang membuat bahasa, dan juga budaya masih terbawa sampai sekarang. Onghokam juga bicara soal kapitalisme Cina, dimana peranan mereka cukup besar, sebagai pedagang perantara, sejak jaman VOC hingga pasca orde baru. Tak salah kalau kemudian, minoritas ini menguasai aset cukup besar di Indonesia. Konsep pengusaha pri dan non pri muncul dari sini.

Buku ini layak dibaca karena memberi gambaran jelas tentang sejarah Cina di Indonesia. Mulai dari kedatangan, geliat bisnis, sampai gerakan sosial sebagai reaksi terhadap perlakuan tidak adil yang mereka alami. Karena kumpulan tulisan, di sana-sini memang ada banyak pengulangan tapi tidak menguransi esensi yang ingin disampaikan. Bagi yang baru pertama kali membaca sejarah Cina, seperti saya, repetisi itu justru sangat membantu memahami isinya. (Leanika Tanjung)

One Response to “Buku Rekomendasi Klub Buku & Film SCTV”

  1. Toifatun Soliha Says:

    belajarlah walau sampai ke negeri cina,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: