Film W. dan Sisi Buruk Presiden Bush

film-w

Rahman Andi Mangussara

Inilah film yang secara terang-terangan menelanjangi kepribadian Presiden George W Bush (junior). Jika bukan di Amerika, film ini pasti akan memicu kontroversi. Bagaimana tidak. Sejak film dimulai hingga akhir, penonton disuguhi semua sisi buruk Mr W. Meski begitu, sutradaranya, Oliver Stone, menampik tuduhan bahwa filmnya mendiskreditkan mantan presiden ke 43 Amerika itu.

Patut dicatat, Oliver Stone adalah satu dari sedikit sutradara Amerika yang berani mengkritik proyek perang Presiden Bush. Ia mengatakan Bush telah mewariskan tiga perang hanya dalam tempo singkat, yakni perang Afganistan, perang Irak, dan perang melawan terorisme. Tragisnya, disemua perang itu, Amerika dibuat tak berkutik.

Film W. bercerita mengenai perjalanan karir Bush junior, mulai dari kuliah di Yale hingga menempati Gedung Putih. Sejatinya, tak ada yang istimewa dalam film ini, namun menjadi menarik karana penonton disuguhi latar belakang kenapa kebijakan Bush saat memimpin Amerika mirip cowboy disatu sisi dan amat bertendensi agama di sisi lain.


Bush adalah seorang pemabuk, dalam arti sebanar-benarnya tungkang mabuk. Nyaris tiap malam ia mabuk bersama teman-temannya di bar. Ia tak ragu untuk menaiki meja bar bersama perempuan jika tengah mabuk. Pernah suatu kali, saking mabuknya, mobilnya menabrak garasi rumahnya sendiri yang suaranya membangunkan bapaknya, Bush senior.

Ketergantungannya pada miniman membuat ia terpaksa menemui seorang pendeta Evangelis, Billy Graham, sahabat dan penasehat keagamaan keluarga Bush. Dari sang pendetalah ia mulai mendapatkan ceramah agama, yang membuat dia merasa lahir kembali. Belakangan ia merasa telah ditunjuk oleh Tuhan untuk memperbaiki Amerika dengan menjadi presiden. Sejak itulah Bush menjadi pengikut Evangelis yang fanatik, bahkan mungkin bisa disebut fundamentalis. Dunia dibuat tercengang ketika dia menyebut invasi Amerika ke Irak sebagai perang salib.

Perubahan drastis Mr W ini juga terlihat dalam setiap akhir rapat yang dipimpinnya di ruang Oval. Ia selalu menutup rapat dengan doa. Meski begitu, kelakuan cowboy-nya tetap tak bisa hilang. Ia makan dengan gaya seenaknya dan menaikkan sepatunya di atas meja saat memimpin rapat. Pokoknya gaya kampung halamannya, Texas, tak bisa hilang. Sang sutradara seperti ingin mengatakan kepada penonton bahwa tidaklah menghengrankan jika Amerika dimusihi dunia dan terlibat perang tak berkesudahan jika presidennya memipin dan mengambil keputusan dengan gaya cowboy.

Oh iya..Stone juga tak ketinggalan memasukkan kebisaan buruk Bush yang tak suka membaca laporan stafnya yang tebal-tebal, ia maunya membaca ringkasan saja.

Kehebatan Stone lainnya adalah semua bintang dalam film ini wajahnya mirip dengan tokoh yang diperankan. Josh Brolin, memerankan presiden Amerikan dengan amat bagus, mirip sekali dengan Bush. Pemeran Condoleezza Rice, yang dalam film ini masih menjabat penasihat keamanan, dan pemeran Menlu Colin Powell juga amat mirip.

Jika maksud Stone memperlihatkan bahwa Bush tak pantas jadi presiden Amerika, maka film ini bisa dikatakan sukses. Digambarkan bahwa Bush, ketika masih di Yale, tak suka dengan politik. Satu-satunya perhatiannya adalah baseball. Ketika ditanya oleh seniornya pada acara penerimaan perkumpulan mahasiswa atau lebih tepat disebut geng, Delta Kappa, apakah ia akan mengikuti ayahnya ke Washington, Bush mengatakan bahwa itu adalah hal terakhir yang akan dilakukannya.

Begitu tergila-gilanya dengan basball, Stone memulai dan mengakhir film ini dengan Bush berada di tengah lapangan yang siap nenangkap bola dengan suara latar yang meneriakkan nama Bush.

Meski sutradaranya orang beken dengan sejumlah film yang hebat-hebat seperti Platoon, FJK, Nixon, dan film tentang serangan ke menara kembar, namun film ini tak diproduksi oleh studio besar. Studio mapan di Hollywood, takut dengan konsekuensi politik yang ditimbulkan film yang diproduksi akhir tahun lalu ini.

One Response to “Film W. dan Sisi Buruk Presiden Bush”

  1. SANS Says:

    Layak untuk ditonton!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: